Makanan Khas Kyoto - YudofuKuliner Review 

Kuliner Jepang, Icip Lima Makanan Khas Kyoto

Bisnishotel.com, BANDUNG – Kyoto merupakan salah satu kota yang terkenal dengan sejarah dan budaya tradisionalnya di Jepang. Tak hanya dari segi sejarah dan budayanya, Kyoto juga terkenal dengan kuliner khasnya. Dilansir Travel Savvy, berikut adalah lima makanan khas Kyoto yang direkomendasikan untuk dicicipi:

1.Shojin Ryori

Makanan ini merupakan hidangan yang dinikmati oleh para biksu Buddha aliran zen yang tidak mengkonsumsi daging, bawang bomay dan bawang putih. Hidangan ini mengandalkan kacang kedelai sebagai rasa utamanya. Hidangan ini adalah sajian sehat berwarna-warni yang terdiri atas beberapa sayuran segar, nasi, acar dan lauk berbahan kacang kedelai seperti tahu.

2. Yatsuhasai

Yatsuhasai merupakan salah satu makanan penutup ikonik dari Kyoto yang juga terkenal sebagai oleh-olehnya. Bentuknya yang berupa parsel segitiga ini bisa dibilang mirip dengan mochi. Yatsuhasai dibuat dari tepung beras kenyal yang menyembunyikan isian yang lezat, yaitu adonan kacang merah. Permukaan kulitnya seringkali ditaburi dengan kayu manis, teh hijau atau biji wijen yang membuat warnanya beraneka ragam.

3. Sushi ala Kyoto

Karena terkurung oleh daratan, jenis sushi tradisional yang dihidangkan di Kyoto berbeda dengan sushi pada biasanya. Sushi ala Kyoto ini menggunakan ikan yang diawetkan dan dibalut oleh kombu dibandingkan dengan rumput laut pada sushi kebanyakan.

4. Yudofu

Yudofu merupakan makanan khas kyoto yang merupakan hidangan tahu klasik asal Kyoto yang muncul sebagai akibat dari kualitas air di sana yang meberikan tahu tersebut rasa yang kaya dan tekstur yang lembut.

Makanan Khas Kyoto - Yudofu
Makanan Khas Kyoto – Yudofu

5. Namagashi

Hidangan ini adalah variasi wagashi atau manisan ala Jepang yang dibuat dari tepung beras dengan isian kacang adzuki yang dibentuk secara sempurna menjadi bunga, buah dan dedaunan. Namagashi ini umumnya dihidangkan bersama matcha atau teh hijau karena rasa manis dari hidangan penutup ini bisaa mengimbangi rasa pahit dari teh yang diminum.

Baca Juga: Ini Dia Lima Film Horor di Siang Bolong yang Menegangkan

Related posts